rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Pemkot Bekasi Sidak Hypermart Pastikan Tak Ada "Panic Buying" Akibat Corona

Senin, 16 Maret 2020 | 17:04 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi memastikan tidak ada terjadinya panic buying di tengah bergejolaknya wabah Corona Virus Disease atau Covid-19. Stok kebutuhan pangan di sejumlah ritel dan supermarket dipastikan aman.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan bahwa dirinya sebelumnya menerima beredarnya informasi bahwa masyarakat beramai-ramai mengunjungi supermarket dan ritel untuk ketersediaan kebutuhan pokok selama darurat Covid-19.

Namun informasi yang beredar itu dipastikan tidak benar, setelah dilakukannya inspeksi mendadak (Sidak) bersama Kapolres Metro Bekasi Kota dan Dandim 0507/Bks di sejumlah supermarket dan ritel.

“Kita lihat sendiri ke lapangan, karena kemarin beredar terjadinya panic buying, ada beberapa warga berduyun-duyun untuk belanja dalam jumlah yang besar dan itu tidak benar,” ucap Tri usai Sidak di Mega Bekasi Hypermall, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin (16/03/2020).

Selain itu, lanjutnya, hasil rapat bersama pengusaha supermarket dan ritel di Kota Bekasi, dipastikan stok kebutuhan pokok untuk 10 hari ke depan tersedia.

“Berdasarkan hasil rapat tadi, dipastikan untuk 10 hari kedepan, semua kebutuhan aman dan tersedia. Makanya kita turun langsung bersama Kapolres dan Dandim untuk memastikan ketersediaan tersebut dan hasilnya seperti Gula, Minyak, Beras, Sayur, Buah, Ikan dan Daging masih tersedia,” terang Tri.

Pemerintah Kota Bekasi juga akan membatasi jumlah pembelian kebutuhan pokok masyarakat, agar ketersediaan stok di pasar tetap aman.

“Pastinya kita juga akan melakukan antisipasi dan memastikan ketersediaan stok cadangan makanan di pasar-pasar tetap ada, dan nanti kita juga akan melakukan operasi pasar,” terang Tri.

Imbauan Pemerintah Kota Bekasi meliburkan satuan pendidikan dalam dua pekan kedepan, juga diharapkan menjadi perhatian dan kebersamaan masyarakat. Tri mengimbau agar masyarakat memahami situasi yang terjadi saat ini.

“Ini adalah suatu persoalan yang harus dihadapi secara bersama. Kita semua saling bahu-membahu, bahwa ada kepentingan yang lebih besar lagi. Sepanjang tidak ada keperluan yang mendesak, yang lebih baik untuk sementara waktu ada di rumah,” pungkasnya. (tian)


Kategori : Bekasi,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber