rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Ketua Komisi I Pinta Kepala BKPPD Les Privat Terkait Seringnya Mutasi Pejabat Pasca Touring

Kamis, 30 Januari 2020 | 07:21 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Melalui surat bernomor 005/661-BKPPD.Adap, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengundang segenap pihak untuk menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural eselon III dan IV yang digelar di Kantor Kecamatan Rawalumbu, Rabu (29/1/2020).

Menariknya, kegiatan tersebut dilakukan setelah Wali Kota Bekasi memboyong para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi untuk mengikuti kegiatan touring yang biasa dilakukan politisi Partai Golkar itu pada akhir pekan kemarin.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Abdul Rozak mengaku prihatin dengan sikap eksekutif yang diduga tidak mampu menerjemahkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Penyelenggara Pemerintah Daerah, yakni kedudukan Kepala Daerah dan DPRD memiliki porsi yang seimbang.

Karena dalam pelaksanaan mutasi dan rotasi tersebut, kata Rozak, DPRD Kota Bekasi maupun AKD terkait yakni Komisi I, lagi-lagi tidak mendapat pemberitahuan atau dilibatkan dalam hal penempatan para pejabat di lingkup Pemerintah Kota Bekasi.

"Saya masih berpikir positif sebagai Ketua Komisi I. Cuma saya pertanyakan kepada pemerintah (BKPPD_red), mengerti atau tidak mengerti? Kalau mengerti, tentunya memberikan surat pemberitahuan," ujar Abdul Rozak, Rabu (29/1/2020).

Tidak hanya itu, Politisi Demokrat ini juga menyinggung Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi sebagai orang nomor satu di Kota Patriot ini, seharusnya meminta pertimbangan atau pendapat pihaknya terkait dengan penempatan para pejabat maupun pegawai di lingkup pemerintahan.

Secara tegas Abdul Rozak juga meminta Kepala BKPPD Kota Bekasi, Karto untuk belajar memahami mekanisme birokrasi serta tugas pokok dan fungsinya.

"Bagi saya mereka tidak paham. Mereka harus belajar lagi dan les privat ke Komisi I DPRD Kota Bekasi. Nanti kita kasih tahu tupoksinya sebagai penyelenggara pemerintahan," tegasnya.

Sejak dirinya menjabat sebagai Ketua Komisi I, kata dia, hingga kini belum pernah ada surat pemberitahuan atau undangan menyangkut dengan rotasi dan mutasi.

"Selama ini belum pernah ada tembusan ke Komisi I. Makanya, senin depan kita undang BKPPD untuk mengulas masalah ini. Sekalian les privat disini," pungkasnya. (tian)


Kategori : Politik,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber