rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Kepala Sekolah SD Wajib Ikuti Uji Kompetensi Tiap 4 Tahun Sekali

Selasa, 17 September 2019 | 17:50 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Sri Yulinarti mengutarakan bahwa Kepala Sekolah wajib mengikuti Uji Kompetensi setiap empat tahun sekali.

Hal tersebut, kata Yuli, diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru menjadi Kepala Sekolah.

Kendati demikian, uji kompetensi dilakukan untuk menunjang kemampuan calon Kepala Sekolah dalam etika, pengetahuan dan manajerial.

"Uji kompetensi ini dilakukan dalam setiap empat tahun sekali, yang mumpuni dapat lanjut, dan nanti (hasil uji kompetensi) itu terlihat,” kata Yuli, Selasa (17/9/2019).

Lebih lanjut Yuli mengingatkan bahwa uji kompetensi untuk Kepala Sekolah pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar akan digelar esok hari (18/9). Adapun kegiatan tersebut akan dikawal langsung oleh Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKKPD) Kota Bekasi.

“Besok sudah mulai tesnya. Pak Wali Kota sudah mengeluarkan SK (Surat Kerja) untuk segera dilakukan uji kompetensi ini,” terangnya.

Bagi Kepala Sekolah yang masa kerjanya sudah lebih dari delapan (8) tahun, terang Yuli, juga berkewajiban mengikuti Uji Kompetensi. Jika memang mumpuni, maka Kepala Sekolah tersebut dapat kembali ditugaskan sebagai Kepala Sekolah.

“Bukan untuk perekrutan, tapi untuk melihat apakah mereka sudah dilakukan uji kompetensi atau belum? Permendikbud memerintahkan, harus dilakukan uji kompetensi agar ditempatkan kembali sebagai Kepala Sekolah,” tutupnya. (tian) 


Kategori : Bekasi,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber