rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Jelang Konferda, 88 Nama Calon Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Beredar

Kamis, 25 Juli 2019 | 11:28 WIB

RAKYATBEKASI.COM, BANDUNG - Jelang penghelatan Konferensi Daerah (Konferda) DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat yang akan digelar lusa, tak kurang dari 88 nama bakal calon ketua DPD telah beredar.

[DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi Usulkan Bu Mega Tetap Jadi Ketua Umum Partai]

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tubagus Hasanuddin mengatakan bahwa pihaknya telah menerima usulan nama-nama para calon ketua DPD pengganti dirinya dari 27 DPC PDIP se-Jawa Barat.

“Konferda yang akan digelar pada Sabtu (27/07) nanti adalah suksesi atau pergantian Ketua DPD,” ucap TB Hasanuddin ketika dihubungi awak media, Kamis (25/07).

Menurut politisi lulusan Akmil 1974 ini, 88 nama yang muncul tersebut merupakan hasil dari rapat pleno 27 DPC PDIP se-Jawa Barat.

"88 nama calon Ketua DPD tersebut diusulkan secara bottom up dari DPC ke DPD sebagai proses pembelajaran politik dalam demokrasi bertajuk Konferda,” jelasnya.

[Wali Kota Bekasi Hadiri Pembukaan Konfercab Serentak PDI Perjuangan]

[Ini Dia Ketua, Sekretaris dan Bendahara PDI Perjuangan Kota Bekasi 2019-2024]

Ketika ditanyakan apakah dirinya akan kembali mencalonkan sebagai Ketua DPD lagi, anggota Komisi I DPR RI mengaku ikhlas dan mempersilahkan kepada yang muda-muda untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan PDI Perjuangan di Jawa Barat.

“Apabila saya tidak mendapatkan amanah lagi, saya ikhlas dan mempersilahkan kepada yang muda-muda untuk maju,” tuturnya.

Kendati demikian, pensiunan Jenderal TNI bintang satu ini mengaku bahwa pihaknya sudah menyiapkan kader internal partai dari generasi yang lebih muda sebagai pengganti dirinya.

“Pemilihan nanti akan dilakukan secara transparan dan terbuka, di atas meja bukan di bawah meja. Saya berharap nama-nama yang diusulkan ke DPP benar-benar kredibel dan paham dengan kondisi peta politik di Jawa Barat,” tegasnya.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, dari 88 nama tersebut, nama TB Hasanuddin sebagai petahana dan juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana bertengger di urutan teratas dengan 27 suara.

Kemudian di urutan kedua, ada nama Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dengan 21 suara.

Sejumlah nama lainnya yang mencuat dalam bursa pencalonan Ketua DPD diantaranya mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Rudy Harsa Tanaya dengan 19 suara, diikuti Syamsul Bachry dan Aang Hamid Suganda dengan 15 suara. Kemudian Yadi Srimulyadi menempel ketat dengan 14 suara dan dibayangi oleh Ketut Sustiawan dengan 13 suara, Gatot Tjahyono dan Bedy Budiman 11 suara dan terakhir Ono Surono yang mampu mengais 8 suara. (*/tian)


Kategori : Politik,
Topik : Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber