rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Komisioner KPUD Kota Bekasi "Ketemuan" sama Caleg di Rumah Makan, Bawaslu Geram

Sabtu, 04 Mei 2019 | 15:19 WIB

RAKYATBEKASI.COM - Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Ali Syaefa diduga telah menggelar pertemuan dengan beberapa calon anggota legislatif di salah satu rumah makan di Bekasi sebelum Pemilihan Umum 17 April 2019 dilaksanakan. Hal ini terungkap dari beredarnya foto pertemuan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Bidang Pengawasan dan Penindakan, Ali Mahyail sangat menyayangkan terjadinya pertemuan antara Ali Syaefa dengan beberapa caleg di luar kantor. Menurut Ali, tindakan tersebut bertentangan dengan kode etik penyelenggara pemilu.

"Tidak boleh, itu merupakan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," kata Ali Mahyail, Sabtu (04/05/2019).

Sebagai sanksi, Ali Syaefa bisa dijatuhi hukuman pemecatan oleh DKPP. Hanya saja, apabila tindakan tersebut dilaporkan ke DKPP disertai bukti dan saksi yang mencukupi.

"Pelanggaran etik, hukumannya peringatan sampai pemberhentian. Ya harus ada yg melaporkan ke DKPP disertai bukti dan saksi, setelah itu DKPP akan bersidang," jelas Ali Mahyail.

Atas temuan dugaaan pelanggaran tersebut, kata Ali, sudah sepantasnya DKPP menerjunkan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Jawa Barat menyikapi temuan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh salah satu Komisioner KPUD Kota Bekasi tersebut.

"Sudah sepantasnya temuan tersebut diperiksa oleh DKPP melalui TPD Provinsi Jawa Barat," pungkasnya. (HAN/TIAN)


Kategori : Bekasi, Politik,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

© 2018 Rakyatbekasi.com. PT Jurnal Rakyat Media Grup. | Ketentuan Umum - Tentang Kami - Pedoman Media Siber