rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Pengamat: Kota Bekasi Darurat Birokrat dan Birokrasi yang Humanis dan Berkeadilan

Kamis, 31 Mei 2018 | 07:18 WIB

RAKYATBEKASI.COM, KOTA BEKASI - Mencuatnya kabar tentang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, yang diduga berulah dengan mengajak segenap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di dalam pesan WhatsApp Group (WAG) “Bangun Dengan HATI KA SKPD” untuk mengusir Pejabat (Pj) Wali Kota Bekasi dari Kota Bekasi, sangat disayangkan oleh Pengamat Administrasi Negara dan Kebijakan Publik, Bagong Suyoto.

[Dugaan "Makar" ala Sekda Kota Bekasi Lawan Pejabat Wali Kota]

[Soal Sekda Kota Bekasi, KASN Bakal Lapor Presiden RI]

Sebagai seorang birokrat yang paling senior di lingkungan birokrasi Pemerintah Kota Bekasi, kata Bagong, seharusnya Sekda Kota Bekasi dapat memahami betul tentang posisinya selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga merangkap sebagai abdi rakyat.

"Nyatanya tak dapat dipungkiri jika seorang birokrat tingkat atas seringkali bermain politik praktis dan anggaran dengan memainkan perannya untuk meraih tujuan tertentu," ucap Bagong kepada RAKYATBEKASI.COM, Kamis (31/05).

Adapun pesan WhatsApp Sekda Kota Bekasi melalui WAG tersebut, terangnya, bertujuan untuk mempengaruhi sejumlah Kepala Dinas ataupun SKPD agar bersikap dan berlaku sesuai dengan keinginannya.

"Ternyata dia sudah menceburkan diri ke dalam urusan politik praktis di dalam arena Pilkada Kota Bekasi," jelasnya.

Bagong yang juga Ketua Umum Asosiasi Pelapak dan Pemulung Indonesia (APPI) ini menilai apa yang diperlihatkan para birokrat tersebut tak lebih hanya sebuah arena perebutan kekuasaan dengan memaksimalkan potensi jaringan untuk memenangkan pilkada.

"Sungguh sangat disayangkan jika permainan itu semakin kelihatan ke permukaan, sehingga rakyat Kota Bekasi menjadi semakin tahu bahwasanya para birokrat benar-benar bermain politik praktis," sesalnya.

Menurut Bagong, Kota Bekasi sangatlah membutuhkan birokrat dan birokrasi yang dapat lebih mementingkan kemajuan dan keadilan bagi semua rakyat Kota Bekasi dengan berwajah humanis dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokratis, transparan dan akuntabel.

[Terbukti Berpihak pada Petahana, Komisi ASN Vonis Sekda Kota Bekasi]

[Bawaslu Jabar Limpahkan Kasus Netralitas Sekda Kota Bekasi Ke Komisi ASN]

"Dalam hal ini, saya menekankan pentingnya pemahaman tentang peran sejati seorang birokrat berwajah humanis dan berkeadilan yang hanya mengabdi kepada negara dan rakyat," pungkasnya. (tian)


Kategori : Bekasi,
Topik : Bekasi, Politik,
Editor : Sulistyo Adhi

twitter

© 2015 Rakyatbekasi.com. All Rights Reserved. | Info Iklan - Redaksi - Tentang rakyatbekasi.com