rakyat bekasi Ngerti'in Bekasi

Sri Mulyani Beberkan Syarat Jadi CPNS di Kemenkeu

Jumat, 08 September 2017 | 19:21 WIB

RAKYATBEKASI.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sosok ideal para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dapat bergabung dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Sosok tersebut diharuskan dapat berkomitmen dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kemenkeu selama masa karirnya di lingkungan Kemenkeu.

“Kita ingin manusia yang memiliki integritas, yang memang ingin menjaga profesionalisme dan bisa bekerja secara sinergis, memiliki jiwa pelayanan dan selalu berikhtiar untuk menuju kesempurnaan,” kata Sri Mulyani, Jumat (08/09).

Kementerian Keuangan diketahui membuka penerimaan 2.880 CPNS untuk tahun anggaran 2017. Formasi ini diperuntukan bagi rekruitmen umum (non PKN STAN) bagi 3 jenjang pendidikan yakni untuk 733 orang S 1, satu orang Magister dan 2.146 orang Diploma Umum atau D3.

Dari jumlah tersebut akan dialokasikan untuk lulusan terbaik sebanyak 73 orang, penyandang disabilitas (nantinya akan dialokasikan untuk seluruh unit kecuali DJBC) sebanyak 12 orang, Putra/Putri Papua dan Papua Barat (nantinya akan dialokasikan untuk unit yang memiliki instansi vertikal di Papua) sebanyak 26 orang.

Alasan dilakukannya penerimaan pegawai baru ini adalah dalam kurun waktu 2015-2017 terdapat 4.708 pegawai pensiun dan dalam kurun waktu 5 tahun yaitu antara 2015-2019 diproyeksikan terdapat 8.029 pegawai pensiun.

[Ini Dia Skema Gaji untuk CPNS Baru 2017]

Pemetaan formasi atas perekrutan tersebut adalah 201 orang untuk Sekretariat Jenderal, 1.721 orang untuk Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sejumlah 575 orang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Resiko membutuhkan 10 pegawai baru, Badan Kebijakan Fiskal membutuhkan 20 orang serta Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan juga membutuhkan 26 pegawai baru.

“Proses rekruitmen Kemenkeu didasarkan pada prinsip transparan, objektif, kompetitif, bebas KKN, tidak diskriminatif dan tidak dipungut biaya," terangnya. (*)

 


Kategori : Nasional,
Editor : Sulistyo Adhi

twitter

© 2015 Rakyatbekasi.com. All Rights Reserved. | Info Iklan - Redaksi - Tentang rakyatbekasi.com